11 Tips Merawat Jeans Agar Awet

Jeans merupakan salah satu pakaian yang sering digunakan, dan tentu saja untuk merawat jeans gak sama dengan merawat pakaian lain, karena jeans berbeda dengan kain. Jadi agar jeans kita awet, ada beberapa tips untuk merawatnya:

  1. Baca Instruksi pada Label Jeans. simbolcuciCara paling aman adalah membaca dulu instruksi perawatan yang biasanya tertera pada label di bagian dalam jeans. Biasanya dituliskan cara pencucian, berapa suhu air yang digunakan untuk mencuci dan petunjuk penyetrikaannya.
  2. Periksa Jeans Sebelum Dicuci. Pastikan gak ada benda apapun yang tertinggal di dalam kantong jeans anda. Seperti uang kertas, koin, pulpen dsb. Ini supaya mencegah jeans anda terkena serpihan kertas atau tersobek benda tajam saat dicuci.
  3. Merendam dengan Air Cuka. Anda bisa merendam jeans anda dengan air dicampur cuka sebelum dicuci. Ini supaya warna jeans anda tetap awet.
  4. Balik Jeans Saat Dicuci (Bagian Dalam di Luar). Jeans akan lebih tahan lama jika dibalik saat dicuci, selain itu warna jeans gak akan cepat pudar.
  5. Mencuci Jeans. 
  6. cara-mencuci-celana-jeansMencuci jeans bisa dengan menggunakan mesin cuci atau dengan tangan. Jika mengunakan mesin cuci, sebaiknya kancingkan dan resleting jeans anda dulu agar bentuknya gak berubah, selain itu anda juga dapat mencuci sekaligus beberapa pakaian yang sama berbahan jeans (maksimal 5 jeans). Terlalu banyak jeans dalam mesin cuci dapat membuat mesin berat sehingga hasilnya tidak bersih maksimal. Ada baiknya juga jika jeans dicuci menggunakan air hangat (jangan terlalu panas) agar kotoran-kotoran yang ada pada jeans bisa hilang, dan juga hindari juga penggunaan pemutih, karena bisa memudarkan warna jeans.
  7. Hindari Dry Clean. Proses pencucian dengan dry clean lebih keras daripada penggunaan deterjen dan akan membuat warna dan serat pada jeans cepat rusak.
  8. Hindari Mesin Pengering. Hindari mengeringkan jeans dengan mengunakan mesin pengering, karena akan membuat jeans anda mudah menyusut dan kehilangan bentuknya.
  9. Menjemur Jeans. o-WASHING-JEANSKetika menjemur jeans, jangan di bawah sinar matahari dimana jeans langsung terkena sinar matahari. Hal ini ternyata dapat memudarkan warna jeans. Kebanyakan baju yang berwarna kalau terlalu lama terkena sinar matahari bisa pudar juga. Maka sebaiknya saat penjemuran, jeans dibalik, digantung di tempat yang gak langsung terkena matahari, lalu biarkan diangin-anginkan.
  10. Menyetrika Jeans. Saat ingin menyetrika jeans anda, pastikan jeans anda dalam keadaan dibalik dan dalam keadaan kering. Jika jeans disetrika dalam keadaan masih basah atau lembab, hal ini dapat menimbulkan jamur berwarna biru yang bisa membuat jeans mudah rusak.
  11. Jeans Jangan Dilipat. 0de94f73c22c867cd77da9fa25b31158Saat ingin menyimpan jeans di dalam lemari, sebaiknya jeans gak dilipat. Simpan dengan cara digantung menggunakan hanger agar terjaga bentuk aslinya dan gak ada bekas lipatan.
  12. Jeans Jangan Terlalu Sering Dicuci. Gak perlu mencuci jeans terlalu sering, karena jika terlalu sering akan membuat jeans anda berubah bentuk dan warnanya memudar.- Beberapa tips tambahan yang gue baca untuk menghilangkan berbagai noda pada jeans:
    • Jika jeans terkena noda tinta: segera menggosoknya dengan alkohol.
    • Jika jeans terkena noda seperti getah: teteskan alkohol pada pada area yang terkena noda. Diamkan selama 5 menit, gosok dengan ibu jari, lalu cuci dengan air dan sabun.
    • Jika jeans terkena noda seperti permen karet: taruh es pada area yang terkena noda. Setelah permen karet membeku, anda bisa mencucinya seperti biasa.
    • Jika jeans terkena noda seperti lumpur: rendam jeans di dalam air hangat, yang telah dicampur dengan detergen. Setelah direndam, anda bisa mencuci jeans anda.